Search
  • JELAJAH
    • Trending
    • News
    • Pemkot Magelang
    • Pendidikan
    • Literasiku
    • Kesehatan
    • PMI
    • Resolusi 2020
    • Baity Jannaty
Menu
  • JELAJAH
    • Trending
    • News
    • Pemkot Magelang
    • Pendidikan
    • Literasiku
    • Kesehatan
    • PMI
    • Resolusi 2020
    • Baity Jannaty
Buat Cerita
Buat Cerita

3 Tahun Berturut-turut, Pemkot Magelang Sukses Peringkat 1 Nasional Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024

Sholahuddin Al-Ahmed by Sholahuddin Al-Ahmed
November 16, 2024
in News, Pemkot Magelang
0
3 Tahun Berturut-turut, Pemkot Magelang Sukses Peringkat 1 Nasional Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024
8
SHARES
17
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Magelang Mnews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang berhasil mempertahankan Peringkat 1 Nasional Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 dari Ombudsman RI.

Kali ini Pemkot Magelang mampu memperoleh nilai 99,61 untuk Kategori Pemerintah Kota. Prestasi yang sama juga pernah diraih pada tahun 2022 dan 2023.

Pemkot Magelang mengungguli Pemkot Surakarta (99,14), Pemkot Yogyakarta (98,91), Surabaya (98,59) dan Pemkot Pasuruan (98,22).

Penghargaan ini diserahkan secara simbolis oleh Menteri Koordinator Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia, Imigrasi, dan Pemasyarakatan Indonesia, Yusril Ihza Mahendra kepada Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz di di Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis (14/11/2024) petang.

“Penghargaan ini adalah yang ketiga kali diraih oleh Pemkot Magelang. Kami berterimakasih kepada Ombudsman RI atas apresiasi yang diberikan kepada Pemkot Magelang,” ungkap Aziz, seusai kegiatan.

Disampaikan Aziz, merupakan perjalanan panjang dalam upaya mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih berdampak dan bisa dirasakan oleh masyarakat.

Pihaknya terus melakukan monitoring dan evaluasi dari beberapa aspek termasuk pelibatan masyarakat dalam memberikan kritik, saran, masukan, serta keterbukaan pengaduan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik yang berkualitas di Kota Magelang. Hal ini sejalan dengan program Reformasi Birokrasi dari pemerintah pusat.

“Jadi ada standar pelayanan yang menjadi pedoman, tentu saja selalu kami evaluasi, ditingkatkan, dan adaptif. Harapannya penghargaan ini menjadi semangat teman-teman di Pemkot Magelang untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegasnya.

Aziz melanjutkan, pemerintah pusat telah menunjuk Mal Pelayanan Publik Kota Magelang sebagai pilot project Mal Pelayanan Publik Digital (MPP Digital) bersama 20 MPP digital lain se-Indonesia.

Dengan demikian peningkatan kualitas pelayanan publik ini bisa dilihat dan rasakan dampaknya seperti halnya transformasi digital dalam administrasi pemerintahan, peningkatan investasi, peningkatan kepercayaan publik terhadap kebijakan Pemkot Magelang.

Sebagai informasi Penganugerahan hasil penilaian ini merupakan bentuk apresiasi Ombudsman RI kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, serta diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan publik.

Pada tahun 2024, penilaian dari Ombudsman RI melibatkan 25 kementerian, 14 lembaga, 34 pemerintah provinsi, 98 pemerintah kota, dan 416 pemerintah kabupaten.

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih meminta kepada seluruh penyelenggara terus mempertahankan dan meningkatkan standar kepatuhan dalam pelayanan publik.
Menurutnya, apresiasi ini bukan sekadar pengakuan atas kinerja yang telah dicapai, tetapi juga sebagai motivasi untuk terus meningkatkan mutu pelayanan.

“Capaian ini adalah buah dari komitmen kuat seluruh pemangku kepentingan untuk menghadirkan pelayanan publik yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Najih.

Previous Post

Pemkot Magelang Gelar Pengawasan Kearsipan Untuk Transparansi Pemerintahan

Next Post

Semangat dan Harapan Baru Dijanjikan Pasangan Damai Saat Kampanye Terbuka

Next Post
Semangat dan Harapan Baru Dijanjikan Pasangan Damai Saat Kampanye Terbuka

Semangat dan Harapan Baru Dijanjikan Pasangan Damai Saat Kampanye Terbuka

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • About Us
  • Contact
  • Career
  • Privacy
  • Pedoman Media Siber
Menu
  • About Us
  • Contact
  • Career
  • Privacy
  • Pedoman Media Siber

2019-2024 © PT Mnews Media Startup Digital

 Tentang

Selengkapnya

Mnews.id hadir dengan visi Jurnalisme Positif sebagai ikhitiar untuk memberikan pengaruh positif dalam kehidupan homo digitalis, sehingga berdampak pula pada kehidupan sosial, ekonomi masyarakat

WA : 082135179993 |  Info@mnews.id
Messenger : m.me/mnewsjurnalismepositif

Home

Jelajah

Ruang

Profil

News
Trending
Showbiz
Pendidikan
Berdesa
Whizkul
Literasiku
Kesehatan
Cerita Pemilu
Hasil Polling