Hari pertama konser musik #dirumahaja yang diadakan oleh NarasiTV berhasil membius ribuan penonton. Lebih dari 5,5 ribu pengguna youtube live streaming konser musik #dirumahaja pada akun Narasi dan NajwaShihab, Rabu (25/3).
Gagasan konser musik #dirumahaja dari Najwa Shihab dan tim Narasi mampu menghibur masyarakat dimana pandemi Covid-19 yang menuntut masyarakat untuk social distancing dan tetap di rumah aja. Selain menghibur masyarakat yang ada di rumah, konser musik ini juga berhasil menggalang dana untuk membantu mereka yang tidak punya pilihan untuk di rumah aja.
Konser musik #dirumahaja pada hari pertama berlangsung dimeriahkan oleh tiga musisi tanah air yaitu Armand Maulana, Judika, dan Ridho serta Kaka Slank. Hingga konser musik berakhir total donasi yang diperoleh mencapai lebih dari 700 juta.
Ditengah konser musik #dirumahaja Armand Maulana juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap dirumah saja, kecuali keperluan yang mendesak dan tetap mengikuti rambu-rambu social distancing.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Judika, “Semakin kita disiplin untuk tetap di rumah dan mengikuti arahan pemerintah, kita akan semakin mudah melewati wabah ini.” Ujarnya.

Konser musik ini juga akan menjalankan 5 program untuk menyalurkan donasi yang telah dikumpulkan dengan berbagai hashtag. Penasaran nggak sih apa aja hashtag yang digunakan? Berikut selengkapnya:
#LAWANCORONA, dengan hashtag ini donasi nantinya akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis di rumah sakit PMI, klinik PMI, dan unit donor darah PMI di beberapa wilayah di Indonesia. Selain itu akan disalurkan juga untuk mendanai penyemprotan disinfektan, layanan ambulance, layanan pertolongan pertama, layanan distribusi logistik, dan layanan psikososial.

Hashtag yang kedua adalah #BISASTERIL, dengan hashtag ini dimaksudkan untuk mensterilkan ruang-ruang rentan dengan penyemprotan disinfektan. Dilansir dari KitaBisa.com, program ini ditargetkan bisa diterapkan di 20 sekolah, 20 pesantren, dan 80 masjid di daerah-daerah episentrum/rentan seperti Jakarta, Banten, Jabar, Jatengm dan Yogyakarta.
Selanjutnya ada hashtag #SALIGJAGA, dengan maksud program bantuan sembako yang diinisiasi oleh Alissa Wahid & Haidar Bagir bagi masyarakat rentan (miskin) dan pekerja informal yang kehilangan penghasilan selama wabah corona. Sasaran dari program ini sendiri sebanyak 2000 KK yang terdoro dari pengendara ojek online, pekerja harian, dan pedagang keliling untuk 10 kota di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

#RANTANGHATI, merupakan hashtag dengan program membagikan makanan gratis kepada para pekerja di luar, sekaligus membuat pedagang warung makan tetap laku dan terhidupi. Hal tersebut akan dikoordinasikan oeh layanan warung makan digital Wahyoo lewat jaringan warung makannya. Sasaran program ini adalah wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Targetnya akan didistribusikan untuk 500 KK selama 14 hari dalam bentuk perpaket bantuan seharga 50 ribu.

Hashtag yang terakhir adalah #BELAJARDIRUMAH, program ini menargetkan dapat memberikan alat belajar non-digital dengan tema edukasi virus corona maupun materi pelajaran lainnya kepada 5.000 anak di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah,dan Yogyakarta dalam 15 har.
Yuk buat kalian yang punya pilihan untuk dirumah aja bisa bantu donasi di laman KitaBisa.com, masih ada waktu 19 lho. Mari lawan corona bersama-sama dengan solidaritas.