MENU

Hasil Survei Online Pemilukada Kota Magelang 2020 Periode Juli-Agustus 2020

Total Jumlah Responden : 929

Hasil Survei Online Pemilukada Kota Magelang 2020 Periode Juli-Agustus 2020

Survei Online Pemilukada Kota Magelang pada periode Juli-Agustus 2020 sudah diselenggarakan dan ditutup pada 17 Agustus 2020. Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang berpartisipasi dalam survei online ini, semoga ini menjadi amalan baik anda untuk tumbuhnya demokrasi yang damai di Kata Magelang.

Survei pemilih kepala daerah menjadi penting diselenggarakan setidaknya karena pemilih adalah basis legitimasi kepemimpinan kepala daerah selama lima tahun. Alasan survei mempunyai efek resiprokal alias timbal balik baik bagi kandidat kepala derah yang memerlukan referensi untuk memantaskan diri maupun bagi pemilih yang memerlukan penyaluran kepentingan.

Akhirnya, hasil survei menjadi penting untuk dibaca oleh stakeholder pemilu, antara lain kandidat, elit partai, penyelenggara pemilu dan pemilih itu sendiri. Survei akan sangat bermanfaat bagi kandidat calon kepala daerah untuk memantaskan diri di depan masyarakat. Elit partai juga sangat bergantung pada sejauh mana kandidat kepala daerah mempunyai potensi menang.

Sedangkan penyelenggara pemilu perlu memahami sejauh mana potensi partisipasi pemilih dapat dimaksimalkan. Terakhir hasil survei mampu mengakomodasi/menyuarakan suara publik-pemilih ke kandidat dan elit politik baik terkait dengan pilihan-pilihan politik mereka maupun tuntutan-tuntutan kebijakan/isu yang diinginkan.

Metode

Dalam survei Periode Juli-Agustus adalah meneruskan survei periode Januari, nama-nama yang telah terjaring kemudian di survei lagi. Sekaligus dalam survei periode Juli-Agustus juga ada penambahan form untuk memasukkan nama-nama baru yang muncul dan diaspirasikan masyarakat

Survei online menggunakan metode tahapan quota sampling, dari quota sampling 1.220 responden hingga pada akhir penutupan survei 17 Agustus 2020, berhasil diikuti 929 responden.

Responden diwajibkan mengisi data di mana alamat tinggal untuk mengetahui bahwa responden adalah bagian dari warga Kota Magelang yang memiliki hak pilih.

Temuan Survei

Jika Pemilukada Kota Magelang diadakan saat ini, diantara nama-nama di bawah ini siapakah yang anda pilih sebagai Walikota ?

Nama-nama yang masuk 5 besar dalam bursa Walikota Magelang adalah nama-nama yang sebelumnya sudah populer di survei periode Januari, kecuali satu nama yang muncul belakangan yaitu dr HM Nur Aziz.

Aji Setyawan yang baru saja mendapat rekomendasi dari PDIP bersama Windarti Agustina menempati urutan pertama, 24,22 %, disusul youtuber Danu Sang Bintang 16,68 %, urutan ketiga Windarti Agustina 16,15 %, disusul KH Mansur Siraj 12,92 % dan dr HM Nur Aziz 9,90 %.

Seiring dengan perubahan peta koalisi yang menguat di kalangan partai politik belakangan ini, Aji Setyawan dan Windarti sebagai pasangan bakal calon Walikota dan wakil Walikota Magelang 2020 yang diusung PDIP.Sedangkan dr HM Nur Aziz berpasangan dengan KH Mansur Siraj sebagai wakilnya diusung oleh PKS.

Jika Pemilukada Kota Magelang diadakan saat ini, diantara nama-nama di bawah ini siapakah yang anda pilih sebagai Wakil Walikota Magelang?

Nama-nama yang masuk dalam perolehan 5 besar, adalah nama-nama yang sebelumnya sudah mendapat dukungan pada survei periode Januari 2020. Windarti Agustina yang mendapatkan rekomendasi sebagai bakal calon Wakil Walikota Magelang dari PDIP menempati urutan pertama dengan perolehan dukungan 32,62%, disusul KH Mansur Siraj yang diusung PKS sebagai Wakil Walikota mendapatkan 20,45 %, urutan kedua Joko Budiyono 17,44%, Sumartono 10,44% dan Salaffudin 8,07%.

Sebaran Voters

Responden survei online Pemilukada 2020 sebanyak 929 orang tersebar di tiga kecamatan, berdasarkan data responden yang diisi melalui platform survei, Kecamatan Magelang Selatan 42,84 %, Kecamatan Magelang Tengah 32,40 % dan Magelang Utara 24,76 %.

Atas nama tim M Research dan seluruh jajaran manageman Mnews Media Group Official, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Magelang yang terlibat aktif dalam survei online dan memberi banyak masukan sehingga lebih memotivasi kami untuk meningkatkan pengembangan survei online ini. Terimakasih juga kepada masyarakat secara luas yang menimba informasi mengenai Pemilukada Kota Magelang melalui survei online M Research ini.

Semoga ini menjadi media pembalajaran demokrasi yang lebih santun dan damai di negeri ini dan seluruh proses tahapan Pemilukada hingga pemungutan suara 9 Desember 2020 nanti berjalan dengan aman dan kondusif.

Direktur M Research

Najih Su’udi

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

*Dengan mendaftar di mnews.id anda telah menyetujui Syarat Ketentuan danKebijakan Privasi Kami.

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.