Literasiku

“ PGSD UMMagelang menghadirkan Laboraturium Multiple Intellegences untuk mengasah keterampilan anak”

By hayu putri sulistyowati

August 04, 2020

Normal 0

false false false

EN-US X-NONE X-NONE

/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Calibri”,sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Fasilitas di sebuah institusi pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan. Pasalnya, keberadaan saran dan prasarana ini akan menunjang kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa serta mendukung terwujudnya proses belajar-mengajar yang kondusif. Salah satu fasilitas yang perlu dilengkapi di suatu perguruan tinggi adalah ruang laboraturium.

Pihak kampus Universitas Muhammadiyah Magelang tepatnya pada Faakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengatakan, pihaknya menyadari pentingnya fasilitas pendidikan sehingga memutuskan untuk menambah laboratorium baru pada Fakultas. Dalam laboratorium yang diresmikan pada Mei lalu ini akan dibuat sarana dan prasarana baru yang dapat mendukung kegiatan akademik di dalam fakultas.

“Saya berharap pembangunan fasilitas dan sarana prasarana baru bagi mahasiswa dapat menjadi satu motivasi yang penting untuk bersama dan dapat terus maju, dan perlu diperhatikan juga bahwa seluruh civitas akademika memiliki tanggung jawab yang besar pula untuk dapat merawat dan menjaga fasilitas yang ada,” kata salah satu Dosen FKIP.

Namun, keberadaan fasilitas pendidikan pendidikan yang memadai harus diimbangi dengan peran aktif para dosen dan mahasiswa dalam upaya mengoptimalkan penggunaan fasilitas tersebut. Dengan demikian, hasil yang maskimal pun bias diraih oleh para mahasiswa.

“Apa pun yang saat ini sudah ataupun yang sedang diselesaikan perlu kita syukuri. Arti syukur disini adalah dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang yang dimiliki dengan mempergunakan fasilitas saran dan prasarana dengan baik dan dapat dimanfaatkan dan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan sekitar,” kata salah satu dosen PGSD.

Dalam beberapa waktu lalu, Prodi PGSD membuat fasilitas baru dalam fakultas yakni Laboratorium Multiple Intellegences. Laboraturium ini diresmikan pada Mei lalu. Laboraturium ini diharapkan dapat membantu mahasiswa PGSD untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai apa itu multiple intellegences.

Laboraturium ini dilengkapi dengan beberapa fasiltas yang terdapat didalamnya. Yakni ada fun zone, perpustakaan, computer, outdoor play dan lain-lain. Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan leluasa. Adanya fasilitas yang lengkap dapat mempermudah mahasiswa dalam kegiatan pembelajarannya di kampus.

Dalam laboraturium tersebut terdapat juga beberapa computer yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mencari informasi tentang apa itu multiple intellegences dengan mengakses layanan internet yang tersedia juga. Selain itu, terdapat juga perpustkaan yang terdapat buku-buku mengenai beberapa pengertian tentang apa itu multiple intellegences dan lain-lain

Dalam laboraturium ini juga terdapat banyak permainan-permainan edukatif yang dapat digunakan oleh mahawasiswa. Dengan penggunaan berbagai macam permainan edukatif yang tersedia, mahasiswa dapat membedakan tiap-tiap kecerdasan yang dimiliki oleh tiap-tiap anak. Permainan yang tersedia ada berbagai macam bentuk dan ukurannya. Semua fasilitas yang ada dilaboraturium ini diharapkan dapat membantu mahasiswa.

Dengan adanya laboraturium multiple intellegences dalam Prodi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar ini, para civitas akademika di kampus sangat berharap bahwa dengan adanya laboraturium ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar-mengajar didalam kampus. Sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengerti tentang apa itu multiple intellegences dengan adanya laboratorium multiple intellegences ini. Laboratorium multiple intellegences ini dapat memberikan banyak sekali dampak yang positif termasuk bagi mahasiswamya dan juga dosennya. Dengan begitu, dapat terciptanya suasana belajar-mengajar yang kondusif dan nyaman dalam lingkungan kampus.